Prosedur Membersihkan Windows Dari Virus atau Malware



Mungkin kalian pernah mengalami, windows kalian amburadul, dalam artian banyak viruslah, kerena malwarelah, data2 nya banyak yang hilang lah, loading lambat lah, de el el. Kemudian kalian frustasi karena ga tau cara untuk mengatasinya, akhirnya salah satu cara yang paling ampuh adalah instal ulang windows, nah selesai dah permasalahan.

Emang bener sih, ini cara yang paling instan untuk menyelesaikan masalah itu, tapi akan ada efek buruknya, misalnya, data2 banyak yang hilang (kecuali kalo udah di back up), jika windows kalian original maka kalian akan bersusah2 lagi untuk mengaktifkannya, jika windows kalian up to date trus, maka update windows selama ini akan sia2 karena windows mulai dari 0 lagi, kalian akan disibukkan dengan mencari2 CD windows lagi, atau tanya sana sini untuk cari tau gimana cara instal ulang, de el el.

Nah, sebelum kalian berniat instal ulang, ga ada salahnya kalian mencoba trik berikut ini :

Prosedur membersihkan windows dari virus/ malware

1. Download tool2 berikut ini

Kalian download tool2 berikut dan menyimpanya jangan di folder c: document atau document and setting, beberapa virus/ malware dapat mendeteksi tool2 itu yang berada di document sehingga akan menghiden atau bahkan menghapusnya, simpan selain di drive itu, lebih amannya simpan di drive D, kalian bisa mengatur seting download dari browser masing2.
Sekarang download tool berikut, ingat cuma download aja, jangan langsung diinstal!!!

* Superanti Spyware
* Malwarebytes antimalware (ganti nama mbam.exe dengan mb.exe,karena beberapa virus/malware akan mendisabelnya saat kita klik file itu)
* Combofix.exe (jika kalian pengguna windows 64bit, abaikan download tool ini alias ga usah didownload). Beberapa antivirus seperti kaspersky akan menganggap combofix.exe ini virus, jadi abaikan atau loncati saja, dan tetap jalankan combofix.exe
* Rootrepeal (jangan dijalankan pada 64bit sistem, jadi jika kalian pengguna windows 64bit, lewati aja)
* MG tool (beberapa antivirus juga akan menganggap tool ini virus, jadi sebelum mendownload dan pada saat menjalankan tool ini, disable dulu antivirus kalian) sebaiknya simpan tool ini di drive D, jangan disimpan di drive instalan windows/ drive C

2. Disable User Account Control (UAC)

Setelah tool2 di atas selesai di download, matikan User Account Control (UAC) sehingga menjadi off atau never notify. Caranya :

Untuk pengguna windows vista :

   1. Click Start, and then click Control Panel.
   2. In Control Panel, click User Accounts.
   3. In the User Accounts window, click User Accounts.
   4. In the User Accounts tasks window, click Turn User Account Control on or off.
   5. If UAC is currently configured in Admin Approval Mode, the User Account Control message appears. Click Continue.
   6. Clear the Use User Account Control (UAC) to help protect your computer check box, and then click OK. If it is already uncheck, then you should also notice a red shield with an X in it located in your system tray. Ignore any mesages about UAC being disabled.
   7. Click Restart Now to apply the change right away. (Restart even if you did not make the above change, we need to be sure that a reboot has occurred since the first time that UAC was disabled.)

Untuk pengguna windows 7 :

   1. Click Start, and then click Control Panel.
   2. Click User Accounts and Family Safety
   3. In the User Accounts and Family Safety window click Change User Account Control Settings
   4. Then move the Slider all the way to the bottom to Never Notify
   5. Click OK and then Yes to the popup warning that you are turning off UAC
   6. If it is already unchecked, then you should also notice a red shield with an X in it located in your system tray. Ignore any mesages about UAC being disabled.
   7. Click Restart Now to apply the change right away. (Restart even if you did not make the above change, we need to be sure that a reboot has occurred since the first time that UAC was disabled.)

Catatan : jangan dilanjutkan ke proses instal jika UAC belum benar2 off!!! Pastikan UAC udah disabel!

3. Instal tool dan jalankan scan

* Install superantispyware, kemudian scan komputer sehingga mendapatkan log (jika komputer kalian tidak terhubung internet, scan secara offline, abaikan scan online)
* Instal malwarebytes antimalware, jalankan scan dan dapatkan log
* Jalankan combofix, jika ada masalah dalam menjalankan combofix abaikan langkah ini dan lanjutkan langkah berikutnya
* Jalankan rootrepeal dan dapatkan log
* Yang terakhir, jalankan MG tool

Nah, setelah proses di atas selesai, restart komputer untuk kesekian kalinya, perhatikan apakah ada perbedaan pada komputer kalian, pasti ada perbedaannya.

4. Aktifkan kembali User Account Control

5. Disabel sistem restore point

Setelah selesai scan, apakah dalam komputer kalian ditemukan virus atau malware? Jika ternyata banyak ditemukan virus/ malware, maka langkah berikutnya adalah :
* Disabel sistem restore
* Reboot komputer
* Enabel kembali sistem restore

Comments

Popular Posts