Protected by Copyscape Online Plagiarism Detector

Rabu, 15 Agustus 2012

Pengertian Broadcast Domain & Collision Domain

Broadcast Domain, Apa itu Broadcast Domain???
   
    Jika dilihat dari gambar di atas Broadcast domain mencakup seluruh host yang terhubung dan konsentrator yang menghubungkan beberaapa host tersebut. Jadi, dari gambar di atas pun kita dapat menyimpulkan perbedaan Broadcast Domain dan Collision Domain tersebut.

1. BROADCAST DOMAIN
A. Pengertian
      Broadcast Domain secara umum dapat didefinisikan sebagai semua device atau perangkat yang dapat mengetahui sinyal yang berasal dari perangkat network tertentu yang berada dalam satu segmen. 
Pengertian lain :
"A broadcast domain is a logical division of a computer network, in which all nodes can reach each other by broadcast at the data link layer. A broadcast domain can be within the same LAN segment or it can be bridged to other LAN segments."

atau 

"Broadcast Domain adalah sebuah divisi logika dalam jaringan komputer dimana semua Host dan Nodes dapat menjangkaunya atau terhubung dengan host dan node yang lainnya melalui Broadcast  pada layer Data Link. Broadcast Domain ini dapat berada pada segmen jaringan yang sama maupun berbeda"

Dalam hal teknologi populer saat ini: Setiap komputer yang terhubung ke repeater Ethernet yang sama atau switch adalah anggota dari broadcast domain yang sama.Selanjutnya, setiap komputer yang terhubung ke set yang sama dari switch / repeater saling terkoneksi adalah anggota dari broadcast domain yang sama. Router dan Higher-layer lainnya merupakan perangkat bentuk batas-batas antara domain broadcast.

Beberapa hal yang menjadi karakteristik broadcast domain :

·         Dipisahkan oleh perangkat yang bekerja pada layer 3 (network), seperti : router dan switch layer 3.

·         Digunakan untuk pengaturan lalu lintas data dan meniadakan broadcast

§  Menggunakan logical address (IP address)

§  Menggunakan table khusus untuk penentuan rute tujuan

Untuk menentukan apakah suatu host merupakan satu broadcast domain atau bukan :
-  Kita dapat mengirimkan ( Spread ) sinyal Broadcast ke seluruh host dan node




2. COLLISION DOMAIN 













Apa itu Collision Domain?
      Kembali mari kita lihat terlebih dahulu gambar dari Collision Domain. Maka jika kita amati dari gambar di atas, Collision domain adalah keseluruhan Node dan Host yang terhubung ke konsentrator. Untuk membuktikannya mari kita lihat pengertian dari Collision Domain. 

A. Pengertian
adalah kumpulan dari perangkat Local Are Network  dimana frame dapat bertabrakan (collide) satu sama lain (berarti terjadi perngiriman data) pada media yang sama. Proses Collision ini pun hanya akan terjadi pada Hub yang berprinsip jika salah satu PC akan mengirim data ke PC yang lain, dan terdapat PPC lainnya yang akan mengirim data pula maka akan terjadi collision, collision ini juga dapat terjadi di Jaringan Wireless ( Wi-Fi ). Dalam Jaringan Wi-fi collision dapat terjadi saat kita mendapat Limited Access, dikarenakan kita tidak mendapatkan IP yang dialokasikan atau IP telah digunakan oleh pengguna lainnya. Collision juga menurunkan efisiensi jaringan pada collision domain, jika dua perangkat transmisi secara bersamaan, tabrakan terjadi, dan kedua perangkat harus mengirim ulang di lain waktu. Untuk meringankan jaringan collision domain, disarankan untuk menggunakan switch yang meningkatkan jumlah collision domain, tapi menurun ukuran setiap domain collision's. Hal ini karena setiap port pada switch adalah collision domain sendiri.

Untuk mencegah collision ini maka dapat digunakan metode akses CSMA ( Carrrier Sense Multiple Access) dengan tipe CA (Collision Avoided), jadi proses collision akan dihindari oleh CSMA/CA.

Beberapa hal yang menjadi karakteristik collision domain :

·         Dipisahkan oleh perangkat yang bekerja pada layer 2 (data link), seperit : bridge dan switch layer 2.

·         Digunakan untuk mengatur lalu lintas data (traffic flow).

§  Menggunakan MAC address untuk identifikasi perangkat.

§  Mengurangi jumlah perangkat pada sebuah segmen dengan cara memperbanyak jumlah segmen.


Perbedaan Broadcast Domain dan Collision Domain :

Perangkat
Memecah collision Domain
Memecah broadcast domain
Mem-filter
Repeater
Tidak
Tidak
Tidak
Hub
Tidak
Tidak
Tidak
Bridge
Ya
Tidak
Ya
Switch
Ya
Tidak
Ya
Switch dengan VLAN
Ya
Ya
Ya
Router
Ya
Ya
Ya

0 comments:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger | Printable Coupons