Google Voice Search, Pencarian Keyword dengan Suara


Kali ini saya membuat posting tentang adanya layanan baru dari google, yakni Google Voice Search.

Google Voice Search merupakan layanan untuk pencarian keyword atau kata kunci dengan menggunakan suara. Kalau sebelumnya untuk mencari sesuatu pada google kita harus mengetikkan kata-kata tertentu, tapi kali ini google mempermudah lagi layanan pencariannya dengan menggunakan suara yang kita masukkan tanpa harus mengetik lagi.

Saat ini layanan tersebut hanya mendukung platform Android, iPhone, dan Blackberry. Pengguna bisa memanfaatkan layanan ini hanya dengan memencet gambar mikrofon pada menu search kemudian mengatakan sesuatu, maka tak lama kemudian muncullah hasil pencarian yang dimaksud. Hal ini cukup mudah dilakukan meskipun pada saat itu pengguna sedang berkendara.

Layanan ini tidak hanya digunakan untuk pencarian informasi berupa teks, namun bisa juga digunakan untuk pencarian lagu, gambar, maupun peta. Apabila kita ingin mengetahui suatu peta lokasi tertentu, kita cukup mengatakannya dengan bersuara maka tak lama kemudian muncullah gambar peta dari google map Indonesia yang menunjukkan lokasi yang dimaksud.

Dengan adanya layanan tersebut, google cukup membantu sekali dalam pencarian informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Untuk dapat menggunakan layanan tersebut terlebih dahulu harus mengunduh aplikasinya melalui App Store atau m.google.co.id/voicesearch. ::.

Comments

Popular Posts