Virtual Console dan Terminal Unix dan Linux


Apa itu virtual console dan terminal? Mungkin diantara kita ada yang masih bertanya-tanya tentang hal ini. Kali ini kita akan membahas virtual console dan terminal di sistem unix dan linux.
Untuk menggunakan sistem operasi linux dan unix, ada sebuah fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh seorang system administrator dalam melakukan instalasi, konfigurasi, dan maintenance terhadap system yang ditanganinya. Fasilits tersebut disebut dengan virtual console atau terminal. Virtual console dan terminal ini merupakan salah satu keunikan dari sistem operasi unix dan linux, dapat dikatakan sebagai interface yang merupakan penghubung antara user dan dan sistem operasi dalam melakukan manajemen sumber daya sebuah komputer. Disinilah seorang system administrator dan user lainnya mengetikkan perintah-perintah terminal yang digunakan untuk melakukan proses administrasi terhadap system.
Console
Di sebagian besar standar instalasi sistem operasi linux (yang tidak mengharuskan penggunaan desktop manager pada saat instalasi awal), dalam artian bahwa desktop manager belum dikonfigurasi otomatis berjalan pada saat booting, console dan terminal akan tampil setelah booting berjalan dengan sukses.
Berikut salah satu contoh tampilan virtual console dan terminal pada FreeBSD :
Additional ABI support:.
Local package initialization:.
Additional TCP options:.

Fri Apr 29 13:01:06 EEST 2011
FreeBSD/i386 (server.infoos.net) (ttyv0)

login:
Dari informasi tersebut dapat dilihat informasi mengenai system yang digunakan. Baris pertama menunjukkan informasi waktu sistem. Pada baris selanjutnya dapat diketahui informasi arsitektur mesin yang digunakan (i386) beserta domain nya (server.infoos.net) dan juga informasi terminal yang digunakan ttvy0.
Login
Sebagai sebuah sistem operasi yang multiuser, unix, linux dan keturunannya memungkinkan digunakan oleh berbagai user. Setiap user akan memiliki user id masing-masing dan password masing-masing.
Multi Console
Dalam sistem operasi unix dan linux memungkinkan seorang user untuk menjalankan banyak program aplikasi dan dapat melakukan login dalam waktu yg bersamaan (multitasking). Inilah manfaat dari virtual console. Seorang user dapat berpindah-pindah dari satu console ke console lainnya dengan menggunakan kombinasi Alt+f1, Alt-f2, ... ,Alt+f8.
/etc/ttys File
Dalam sistem linux dan dan unix misalnya FreeBSD secara standar menjalankan delapan virtual console. Penggunaan virtual console ini dapat diatur secara standar pada sistem yang dijalankan. Konfigurasi ini dapat dilakukan melalui file /etc/ttys.
Konfigurasi dasar pada sistem freeBSD berikut menampilkan konfigurasi virtual console yang digunakan
# name  getty                           type    status          comments
#
ttyv0   "/usr/libexec/getty Pc"         cons25  on  secure
# Virtual terminals
ttyv1   "/usr/libexec/getty Pc"         cons25  on  secure
ttyv2   "/usr/libexec/getty Pc"         cons25  on  secure
ttyv3   "/usr/libexec/getty Pc"         cons25  on  secure
ttyv4   "/usr/libexec/getty Pc"         cons25  on  secure
ttyv5   "/usr/libexec/getty Pc"         cons25  on  secure
ttyv6   "/usr/libexec/getty Pc"         cons25  on  secure
ttyv7   "/usr/libexec/getty Pc"         cons25  on  secure
ttyv8   "/usr/X11R6/bin/xdm -nodaemon"  xterm   off secure
Jika ingin menonaktifkan salah satu atau beberapa virtual terminal lakukan penambahan # sebagai tanda komentar pada awal baris perintah tersebut.

Comments

Popular Posts