File Transfer Protocol

Internet memberikan kesempatan kepada kita untuk mengakses segala macam informasi. File dan data tersebut disetiap penjuru internet baik yang berupa teks, gambar, video ataupun program kamputer. Informasi tersebut terletak pada komputer yang jaraknya sangat jauh. Mentransfer file dari server ke komputer kita adalah salah satu manfaat dari internet.

Untuk mentransfer suatu file di internet digunakan standar yaitu File Transfer Protokol (FTP) atau protokol pentransferan file. Kita bisa bisa menggunakan FTP untuk mendownload dari server-server FTP.
Sebagian besar server FTP mensyaratkan kita untuk mempunyai loginnya dan password untuk dapat masuk ke server FTP. Sedangkan ada sebagian lagi server yang tidak perlu menggunakan login dan password, untuk mengaksesnya menggunakan anonymous sebagai login dan alamat email sebagai passwordnya.

Program FTP akan membuat koneksi khusus dengan server yang jauh tersebut, sehingga kita dapat menjelajahi direktorinya dan memilih file-file untuk ditransfer. Sebagai catatan, kita tidak dapat melihat isi file tersebut secara keseluruhan. Kita baru bisa melihat setelah kita menstranfer ke direktori kita.

Menghubungi server FTP

Untuk mengakses server FTP, kita harus tahu alamat server tersebut yang diawali dengan ftp://(alamat.ftp). Misalnya kita akan mengakses server FTP dari ftp.netscape.com.
  1. Masuk ke menu File dan pilih open location, kemudian masukkan alamat server FTP tersebut : ftp://netscape.com
  2. Jika sudah terhubung maka kita diminta untuk memasukan login dan passwordnya.
  3. Lakukan pencarian file yang akan kita transfer.
Server FTP mempunyai direktori-direktori dan subdirektori yang harus kita telusuri untuk menemukan file yang dicari. Misal, kita masuk ke sub direktori klik direktori tersebut dan disana akan anda temukan Up to higher level direktory untuk kembali ke direktory di atasnya.

Comments

Popular Posts