Pengertian dan Kegunaan Nslookup

A. Pengertian
Nama nslookup berarti name server lookup. Nslookup menggunakan lokal sistem operasi perpustakaan domain name systemresolver untuk melakukan query nya. Oleh karena itu, dikonfigurasi secara otomatis oleh isi dari system operasi file resolf.conf


B. Fungsi
nslookup beroperasi dalam modus interaktif atau non-interaktif. Ketika digunakan secara interaktif, ketika program dipanggil tanpa argumen (pilihan lain ada), isu-isu user konfigurasi parameter atau permintaan saat mempresentasikan ('>') nslookup prompt baris demi baris mode. Dalam parameter mode non-interaktif dan syarat itu ditetapkan sebagai argumen baris perintah dalam pemanggilan program.

Sintaks perintah umum adalah:


nslookup [-option] [name | -] [server] nslookup [-option] [nama | -] [server]


Contoh berikut query Sistem Nama Domain untuk alamat IP dari nama domain example.com dengan mengeluarkan perintah nslookup example.com ke juru baris perintah (shell):


Nslookup example.com
Server: 192.168.0.254
Address: 192.168.0.254#53


Non-authoritative answer:
Name: example.com
Address: 192.0.32.10


Ini adalah contoh interaktif, mendorong penggunaan aplikasi nslookup. The user executes the program without any arguments and issues parameters and queries at the program prompt ('>'): Pengguna mengeksekusi program tanpa argumen dan parameter masalah dan pertanyaan di program ('>'): prompt


nslookup
Default Server: dsldevice.lan
Address: 192.168.0.254 Alamat: 192.168.0.254


> Server 8.8.8.8
Default Server: google-public-dns-a.google.com
Address: 8.8.8.8


> set type=mx
> wikipedia.org
Server: google-public-dns-a.google.com
Address: 8.8.8.8


Non-authoritative answer:
wikipedia.org MX preference = 10, mail exchanger = mchenry.wikimedia.org
wikipedia.org MX preference = 50, mail exchanger = lists.
> exit


Dalam contoh ini, program yang pertama menampilkan nama default konfigurasi server, setelah perubahan pengguna server nama yang akan digunakan untuk host pada alamat IP 8.8.8.8. Jenis query yang akan dilakukan ditentukan dengan menetapkan jenis catatan yang akan diambil (catatan mx). Akhirnya, pengguna hanya masalah nama domain pada prompt untuk menerima hasil query. Keluar perintah mengakhiri sesi interaktif dan mengakhiri program.

Comments

Post a Comment

Popular Posts