Tips mengatasi NTLDR is missing


Bagi pengguna windows terutama windows Xp, mungkin pernah mengalami permasalahan pada windows, yaitu, tiba - tiba saja ketika windows atau komputer dihidupkan pertama kali, tidak bisa masuk ke windows, tapi malah muncul pesan "NTLDR is Missing" " Press Ctrl Alt Del to Restart.
Bagi pengguna windows mungkin akan bertanya-tanya kenapa hal ini bisa terjadi, padahal kemarin komputer dalam kondisi baik-baik saja.
Ok.. sebelum kita perbaiki kerusakan, ada baiknya kita ketahui penyebabnya.


Pesan kesalahan "NTLDR is Missing" berarti bahwa Windows boot loader (NT Loader, NTLDR) tidak dapat ditemukan. Hal ini sering terjadi ketika komputer mencoba boot dari drive lain selain Windows yang dipasang, karena perubahan dalam konfigurasi drive atau karena Anda meninggalkan bootable disk di drive removable seperti USB Flash Disk. Tapi juga mungkin karena file NTLDR telah rusak atau dihapus, atau bisa juga hanya permasalahan kabel HDD yang longgar.

Baiklah Sekarang bagaimana cara memperbaikinya.

Pertama : Cabut USB Flash Disk yang mungkin terpasang, lalu cek kabel HDD (kencangkan), setelah itu coba hidupkan lagi komputer, jika masih muncul pesan NTLDR is Missing, maka ikuti langkah kedua berikut.
Kedua :

* Setelah yakin bahwa HDD sudah terdeteksi di bios, maka pada bios setting boot awal pada CD, untuk melakukan proses booting pertama pada CD.
* Siapkan CD master Windows XP, lalu masukkan ke CD-Rom, lalu lalukan setup windows, seperti pada saat Install awal windows.
* Setelah masuk ke setup menu, nanti ada pilihan untuk tekan R untuk repair, anda tekan huruf "R" di keyboard anda untuk masuk ke Repair command line.
* Setelah masuk pada Command Prompt, maka akan muncul pertanyaan system mana yang akan diperbaiki, Ketik saja angka "1" lalu enter
* Lalu masukkan password admin jika ada, jika tidak ada, langsung saja tekan enter
* Setelah berhasil login/ masuk directory c, silahkan copy NTLDR dan NTDETECT.COM dari CD installer Master windows. Sebelumnya pastikan dulu nama drive CD/DVD. sebagai contoh bernama drive E: dengan cara ketik perintah berikut
* copy e:\i386\ntldr
* c:\ copy e:\i386\ntdetect.com c:\ (jika ada pertanyaan apakah akan ditimpa) ketik saja "Y" enter
* Setelah itu ketik "exit" untuk reboot, lalu ubah kembali Bios boot priority pada HDD lagi.

Sekarang seharusnya windows anda sudah normal, seperti sediakala. Jika masih ada kendala silakan tuliskan pada kotak komentar dibawah.....
Update: Biasanya setelah NTLDR missing, maka control panel tidak dapat diakses, dan shortcut program akan missing link. untuk mengatasi masalah ini, silakan lanjutkan pada memperbaiki .Exe Rundll.exe

Comments

Popular Posts