Sekilas Tentang SSD

Harga SSD (solid state drive) masih mahal. Itu kenyataan. Untuk memperoleh SSD berkapasitas 64GB saja, Anda harus merogoh kocek cukup dalam. Sekitar tujuh ratus ribu rupiah. Padahal, uang sebesar itu sudah bisa menebus HDD 500GB.
Namun, harus diakui, kebutuhan akan SSD pada masa depan bakal semakin meningkat. Ukurannya yang lebih kecil serta kecepatan baca/tulis data yang jauh lebih tinggi dibanding HDD biasa, menjadi alasan utama. Jadi, bagaimana dong solusinya?

Seagate mencoba merebut peluang ini dengan memperkenalkan Momentus XT. Ditujukan untuk pemakaian pada notebook, drive ini menggabungkan HDD dan SSD ke dalam satu cakram. Setiap unit Momentus XT memuat pilihan kapasitas HDD 2,5-inci 7200 RPM dan SSD berukuran 4GB, dilengkapi 32MB DDR3 memori cache. Hasilnya? Kombinasi antara kinerja masif SSD dan rendahnya biaya HDD.

Seagate menyebut Momentus XT sebagai solid state hybrid drive. Mereka mengklaim, cakram ini memiliki kecepatan hingga dua kali lipat dibandingkan HDD tradisional 5400 RPM (kecepatan putaran mainstream untuk media penyimpanan notebook saat ini).

Keunikan Momentus XT didukung pula oleh feature Adaptive Memory. Teknologi ini khusus diciptakan Seagate untuk mengoptimalkan performa drive. Caranya dengan mengidentifikasi pola penggunaan data yang tersimpan di HDD. Jika sebuah data terdeteksi sering diakses dan dimodifikasi, data tersebut akan dipindahkan ke dalam SSD. Manfaatnya, akses data bakal terasa jauh lebih cepat. Contohnya, file-file sistem Windows yang dipakai untuk booting OS.

Produk pertama yang akan membundel Momentus XT ialah model terbaru ASUS ROG G73Jb, notebook yang didesain spesial untuk gaming. Spesifikasinya meliputi prosesor Intel Core i7 720Qm quad-core, DDR3 8GB, ATI Radeon Mobility HD5870, dan DirectX 11.

Dalam keterangan persnya, Seagate belum menyertakan harga resmi untuk pasar Indonesia. Tapi, berdasarkan situs PCWorld, Momentus XT dibandrol pada harga US$113 (kapasitas HDD 250GB), US$122 (320GB), dan US$156 (500GB).

Comments

Popular Posts