Program Untuk Perawatan PC


BIOS
Bios merupakan firmware yaitu sebuah tool yang telah disediakan dalam motherboard. Cara untuk masuk kedalam bios tergantung dari merk bios yang digunakan. Untuk jenis bios AMI AWARD dengan menekan tombol del saat start komputer, sedangkan untuk bios yang lain dengan menekan F2 atau F1 (tergantung optional di BIOS). Bios dapat digunakan untuk mendeteksi hard disk yang terpasang dan dapat juga digunakan untuk mengetahui kondisi suhu dari CPU, dan motherboard. Selain mendeteksi suhu dapat juga digunakan untuk mendeteksi kecepatan putaran fan CPU dan FAN system motherboard. Tegangan juga dapat diketahui dari bios, tegangan yang dapat
dimonitor adalah tegangan pada CPU atau VCORE serta, tegangan 3.3 volt, 5.0 volt dan tegangan 12 volt.
Gambar 1. Tampilan Bios Setup (Lanjutan)

DEVICE MANAGER
Device manager digunakan untuk mengetahui kondisi komponen PC secara menyeluruh. Yaitu kondisi bahwa komponen sudah dapat dideteksi oleh sistem atau kondisi komponen tidak mengalami trouble pada drivernya. Device manager juga dapat digunakan untuk menghidupkan dan mematikan komponen untuk keperluan tertentu. Dari device manager inilah dapat dilakukan update driver.
Gambar 2. Tampilan Device Manager

DISK DEFRAGMENTER
Disk defragmenter merupakan tool bawaan windows, tool ini digunakan untuk merawat hard disk dari file yang terfragmentasi. File yang terfragmentasi akan mengurangi space hard disk dan akan memperlambat sistem. Disk defragmenter adalah sebuah Program untuk membantu merapikan penempatan data didalam Harddisk, setelah rapi efeknya adalah kecepatan dalam mencari data lebih efisien karena tidak berpencar lagi sehinnga mempercepat loadingnya. Ada beberapa fungsi software ini antara lain:
·          Defragmenter mempunyai fungsi menjaga kestabilan dan kondisi harddisk karena defragmenter mampu mengakomodasi dan men-fix kan boot sector dalam harddisk ataupun error program, windows yang kita pake sekarang ini sangat sangat baik terhadap penggunanya dengan tools-tools yang berguna menjaga hardware.
·         Disk Defragmenter merupakan tool bawaan Windows, tool ini digunakan untuk merawat hard disk dari file yangterfragmentasi. File yang terfragmentasi akan mengurangi space hard disk dan akan memperlambat sistem.
·         Disk Defragmenter berguna untuk menyusun Kembali urutan-urutan sector (Pecahan atau bagian) dari file atau Folder yang terdapat di dalam Harddisk sehingga memudahkan Windows untuk membaca File atau Folder tersebut. Cara kerja Disk Defragmenter adalah menata kembali file-file yang terdapat pada harddisk. Semua sistem komputer datang dengan beberapa jenis alat pendefragment. Windows biasanya ada di dalam "System Tools".

Gambar 3. Tampilan Hasil Disk Defragmenter

DirecxtX
DirectX digunakan untuk mendiagnosis secara keseluruhan komponen
yang berhubungan dengan multimedia, seperti VGA card, soundcard, dan LAN card. Selain digunakan untuk mengetahui kondisi di atas directX juga dilengkapi dengan tool yang mampu digunakan untuk mendiagnosa sebuah komponen dalam kondisi trouble atau tidak. Untuk VGA card dilengkapi dengan test directdraw dan test direct3D, untuk sound dan music dilengkapi dengan test direct music dan test direct sound.
Gambar 4. Tampilan Kondisi Sistem yang Digunakan
Gambar 4 di atas memberikan gambaran kondisi sistem mulai dari sistem operasi yang digunakan, clock CPU, jenis chipset dan system manufacture, BIOS, memory dan penggunaan page file. Gambar 40 memberikan gambaran tentang display adapter atau VGA card, mulai dari device, manufacture, drivers. Dalam menu ini terdapat tool yang digunakan untuk menambahkan akselerasi, yaitu akselerasi untuk directdraw, akselerasi direct3D, dan akselerasi teksture AGP.

Scandisk
Scandisk digunakan untuk melakukan perawatan hard disk dan system,
meliputi: file alocation table, struktur file, ada tidaknya bad sector dalam hard disk. Tool ini akan otomatis dijalankan saat start ketika terjadi unclean shutdown akibat gagal listrik atau salah menekan tombol power.
Gambar 7. Tampilan Scandisk
Tool scandisk dapat dipanggil dari start programaccesoriess system tool scandisk. Setelah terlihat gambar di atas maka akan disediakan pilihan untuk memilih drive apa yang akan discan dan juga terdapat dua pilihan jenis scan yang diberikan yaitu standard format dan trough format. Standard format hanya akan mengecek file dan foler yang error, sedangkan through digunakan untuk men-scan file dan folder dari error ditambah dengan scan surface hard disk. Hasil scandisk dapat dilihat seperti gambar di atas, dimana akan ditunjukkan hasil report meliputi kapasitas, ruang kosong hard disk,
ada atau tidaknya bad sector, jumlah file dan folder termasuk yang
terhidden dapat terlihat dalam report scan disk.

Free RAM XP pro 1.40
Free RAM XP pro 1.40 merupakan freeware, tool ini digunakan untuk
memonitor pengunaan dari resource dari RAM, CPU, virtual memory, penggunaan memory secara menyeluruh dalam sistem, dan lama uptime sebuah komputer.
Gambar 9. Tampilan Hasil Cek RAM
Sedangkan perintah go digunakan untuk membersihkan RAM dari
penggunaan program yang tak terpakai lagi. Seperti terlihat dalam
gambar dibawah ini.
Gambar 10. Tampilan Hasil Cek RAM (Lanjutan)

Tuneup Utility
TuneUp Utilities 2010 merupakan software yang dapat membuat sistem operasi Windows Anda lebih cepat, lebih nyaman dan lebih aman hanya dengan hanya beberapa kali klik mouse. Dan semua operasi yang dilakukan pada sistem operasi yang sepenuhnya aman, karena semua perubahan yang dipantau oleh TuneUp Rescue Center dan dapat dibatalkan kapan saja. Semua TuneUp Utilitas modul dapat diakses melalui interface umum yang dibagi menjadi enam kategori.
Perangkat lunak ini membantu baik pemula dan ahli untuk membuat Windows memenuhi kebutuhan mereka dengan cara yang lebih baik, lebih mudah dan aman. Semua pilihan penting sistem tersebut dijelaskan dalam cara yang mudah dan dapat diaktifkan atau tidak aktif di klik dari mouse anda. TuneUp Utilities 2010 akan membuat perubahan yang diperlukan dalam registri atau file boot secara otomatis. Kami menempatkan nilai tinggi pada stabilitas sistem, sehingga Windows tidak akan berhenti bekerja terpercaya. Sebagian besar perubahan yang dibuat dapat dibatalkan dalam TuneUp Rescue Center – dengan mudah dan aman.
Hanya beberapa kali klik saja, maka kinerja Operating System kita makin baik dan sempurna. Terlebih terdapat fungsi Tune Up 1 Click Maentenance, dengan fitur ini hanya cukup satu klik saja akan memperbaiki dan meningkatkan system pada PC/NoteBook kita.
Beberapa Fitur Tambahan pada TuneUp Utilities 2010 :
1. Ada perubahan tampilan, yaitu pada interface atau antar muka dari start center software ini, terlihat lebih simpel dan sederhana juga menarik dari sebelumnya, juga keunggulannya(menurut saya) dari interface yang sekarang adalah, begitu mudahnya kita mengakses fitur-fiturnya
2. Masih dalam wawasan pembahasan tampilannya, jika diperhatikan, akan ada satu icon yang muncul di tray(letaknya di kanan bawah), yang fungsinya adalah memudahkan kita memantau hal-hal apa saja yang terjadi dan merupakan shortcut jika kita ingin menyalakan turbo mode, hal ini dirasakan cukup
Gambar 11. Tampilan Awal Tune Up Utilities 2010
berguna, karena kita bisa memantau sekaligus menyalakan fungsi tertentu tanpa harus membuka jendela utamanya
3. Turbo mode, apa itu turbo mode? pada point ke-  telah disinggung perihal turbo mode, namun belum ada penjelasannya, di poin ini lah kita bahas mengenai fitur terbaru dan berguna dari tuneup utilities 2010 ini, turbo mode ini akan mengoptimalkan kerja dari sistem komputer anda, dengan cara menonaktifkan fitur yang kurang berguna, sehingga sistem bisa fokus memberikan resources kepada program yang benar-benar anda butuhkan saja, mengenai bagaimana tune up utilities menentukan apa saja yang (menurut anda) berguna, mana yang tidak adalah, tuneup utilities memberikan beberapa pertanyaan yang dimana anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan anda, jadi jangan takut, program yang menurut anda penting bisa tetap jalan.
CCleaner
CCleaner merupakan freeware untuk optimasi sistem Windows agar berjalan lebih baik.  CCleaner merupakan tools yang akan menghapus file yang tak terpakai dari sistem Anda-memungkinkan Windows untuk berjalan lebih cepat dan membebaskan ruang harddisk yang berantakan. CCleaner juga membersihkan jejak, juga membersihkan jejak (traces) aktivitas saat browsing di Internet.  Selain juga memiliki fitur lengkap registry cleaner.  Tapi yang terbaik adalah bahwa program ini melakukan semuanya dengan sangat cepat (hanya beberapa detik untuk bekerja) dan sama sekali bebas dari iklan yang biasanya terdapat pada program gratisan.
Gambar 12. Tampilan CCleaner

ANTIVIRUS
Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mendeteksi dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Disebut juga Virus Protection Software. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang (background) dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan). Sebagian besar antivirus bekerja dengan beberapa metode seperti di bawah ini:
  • Pendeteksian dengan menggunakan basis data virus signature (virus signature database): Cara kerja antivirus ini merupakan pendekatan yang banyak digunakan oleh antivirus tradisional, yang mencari tanda-tanda dari keberadaan dari virus dengan menggunakan sebagian kecil dari kode virus yang telah dianalisis oleh vendor antivirus, dan telah dikatalogisasi sesuai dengan jenisnya, ukurannya, daya hancurnya dan beberapa kategori lainnya. Cara ini terbilang cepat dan dapat diandalkan untuk mendeteksi virus-virus yang telah dianalisis oleh vendor antivirus, tapi tidak dapat mendeteksi virus yang baru hingga basis data virus signature yang baru diinstalasikan ke dalam sistem. Basis data virus signature ini dapat diperoleh dari vendor antivirus dan umumnya dapat diperoleh secara gratis melalui download atau melalui berlangganan (subscription).
  • Pendeteksian dengan melihat cara bagaimana virus bekerja: Cara kerja antivirus seperti ini merupakan pendekatan yang baru yang dipinjam dari teknologi yang diterapkan dalam Intrusion Detection System (IDS). Cara ini sering disebut juga sebagai Behavior-blocking detection. Cara ini menggunakan policy (kebijakan) yang harus diterapkan untuk mendeteksi keberadaan sebuah virus. Jika ada kelakuan perangkat lunak yang “tidak wajar” menurut policy yang diterapkan, seperti halnya perangkat lunak yang mencoba untuk mengakses address book untuk mengirimkan e-mail secara massal terhadap daftar e-mail yang berada di dalam address book tersebut (cara ini sering digunakan oleh virus untuk menularkan virus melalui e-mail), maka antivirus akan menghentikan proses yang dilakukan oleh perangkat lunak tersebut. Antivirus juga dapat mengisolasi kode-kode yang dicurigai sebagai virus hingga administrator menentukan apa yang akan dilakukan selanjutnya. Keuntungan dari cara ini adalah antivirus dapat mendeteksi adanya virus-virus baru yang belum dikenali oleh basis data virus signature. Kekurangannya, jelas karena antivirus memantau cara kerja perangkat lunak secara keseluruhan (bukan memantau berkas), maka seringnya antivirus membuat alarm palsu atau “False Alarm” (jika konfigurasi antivirus terlalu “keras”), atau bahkan mengizinkan virus untuk berkembangbiak di dalam sistem (jika konfigurasi antivirus terlalu “lunak”), terjadi false positive. Beberapa produsen menyebut teknik ini sebagai heuristic scanning.
Antivirus yang menggunakan behavior-blocking detection ini masih sedikit jumlahnya, tapi di masa yang akan datang, kemungkinan besar semua antivirus akan menggunakan cara ini. Beberapa antivirus juga menggunakan dua metode di atas secara sekaligus.
Windows Care Advanced
Advaced System Care adalah program utilitas yang dibuat  oleh Iobit.com. Mendukung Windows XP, Windows Vista, Windows 7, dan Windows 2000
advanced system care Advanced System Care
Program utilitas ini sudah memiliki fasilitas-fasilitas lengkap seperti internet booster, registry defrag  dan smart RAM yang siap untuk digunakan agar kecepatan Windows anda tetap optimal.
Advance System Care Terdiri dari 3 Bagian Utama yaitu
  1. Maintenance Windows
    • Spyware Removal
      Mungkin inilah satu-satunya software utilitas yang menyertakan fungsi mengusir program jahat seperti Spyware, sehingga anda tidak perlu mengunduh program spyaware secara terpisah.
    • Registry Fix
      Salah satu penyebab utama  Windows menjadi lebih lambat adalah database registry-nya mengalami masalah bisa karena  proses uninstall yang tidak sempurna, selain itu adanya komponen-komponen Active-X atau shortcut-shortcut yang rusak juga bisa menjadi penyebab utama proses windows tidak lebih cepat dari sebelumnya.
    • Privacy Sweep
      Menghapus file-file cookie, sejarah halaman website yang anda kunjungi selama anda browsing di Internet.
    • Junk File Clean.
      Menghapus semua file-file sampah yang ada di dalam hardisk , sehingga membantu kita untuk mendapatkan kembali ruang kosong di hardisk.
  2. Diagnose System
    • System Optimization
      Bagian ini berguna untuk melakukan optimalisasi terhadap windows sehingga di harapkan setelah dioptimalisasi proses bisa berjalan lebih cepat.
    • Security Defense
      Fasilitas ini melakukan cek apakah windows anda sudah menerapkan standar keamanan agar aman saat berinternet
    • Disk defragment
      Fasilitas yang digunakan untuk melihat apakah file-file yag tersimpan di dalam hardisk sudah tersusun dengan rapi. Karena susunan file yang tersimpan sangat mempengaruhi kecepatan windows.
    • Security Analyzer
      Pada bagian ini program Advaced System Care menganalisa file-file system windows termasuk registry untuk memastikan komputer anda aman dan tidak disusupi oleh program jahat.
  3. Utilities
    Di sini terdapat tool-tool yang sangat bermanfaat dan biasanya saya harus mengunduh secara terpisah, namun dengan Program Advaced System Care itu tidak diperlukan.
    • Tune Up
      • Disk Check  : Melihat Kesehatan Hardisk Komputer
      • Disk Cleaner : Membersihkan File-file sampah
        disk cleaner Advanced System Care
      • Game Booster : Mempercepat komputer untuk bermain Game (program terpisah bisa di unduh)
      • Internet Booster : Mempercepat koneksi internet
internet booster Advanced System Care
internet booster
      • Iobit Registry Defrag : Mengatur ulang susunan file registry yang tersimpan dihardisk  agar komputer berjalan lebih cepat
registry defrag Advanced System Care
registry defrag
      • Shortcut Fixer: Menghapus shortcut yang rusak
      • Smart RAM: Aplikasi yang digunakan untuk mengoptimalkan pemakaian RAM sehingga komputer bisa berjalan lebih cepat
        smart ram Advanced System Care
    • Security
      • Driver Backup  : Backup Driver dan Registry Windows
driver backup Advanced System Care
driver backup
      • IE Security Assistant : Setting -setting yang harus anda lakukan jika anda pengguna IE
      • System Backup : Backup File System Windows
      • System File Checker : Memastikan Files System Windows tidak mengalami kerusakan
    • Admin Tools
      • Auto Shutdown : Mematikan Komputer dengan jadwal secara otomatis
      • Cloned File Finder : Menemukan file-file yang sama yang tersimpan di hardisk
      • Context Menu Manager : Melakukan Edit pada menu popup windows
      • Disk Explorer : Melihat 10 besar file yang menghabiskan ruang penyimpanan hardisk
disk explorer Advanced System Care
disk explorer
      • Restore Center : Mengakses System Restore Windows
      • Software Uninstaller : Uninstall program
      • Startup Manager : Mengedit file-file yang dijalankan secara otomatis oleh Windows
      • System Information : Melihat spesifikasi komputer
      • Windows Manager : Melihat file-file yang sedang di jalankan, lalulintas data di jaringan dan service yang di jalankan oleh windows

Comments

Popular Posts