Konfigurasi Wireless Access Point

Wireless Access Point (WAP atau AP) adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan alat-alat dalam suatu jaringan, dari dan ke jaringan Wireless.
Dalam kasus ini kita akan mencoba untuk melakukan konfigurasi device access point yang merupakan produk dari Linksys yaitu WAP54G.
Langkah Pertama
Hubungkan kabel jaringan dari salah satu port Ethernet pada Router dengan port Ethernet pada device WAP.
connecting.gif
Langkah Kedua
Ubahlah konfigurasi IP Address network device pada computer anda dengan cara:
  • Klik menu [Start] – [Settings] – [Control Panel]
  • Pada jendela aplikasi Control Panel, klik 2x pada item Network Connections
  • Kemudian klik kanan pada salah satu jenis koneksi yang anda miliki Local Area Connection atau Wireless Network Connection, dan pilihlah Properties pada menu pop-up yang muncul
  • Pada jendela koneksi pilihlah Internet Protocol(TCP/IP) pada pilihan This connection uses the following items. Dan klik pada tombol Properties.
lan.gif
  • Pada jendela Internet Protocol(TCP/IP) Properties, pilihlah option Use the following IP Address, dan masukkanlah IP AddressSubnet Mask, dan jugaGateway-nya seperti pada gambar berikut ini:
lanproperties.gif
Perhatikan bahwa IP Address yang anda masukkan sesuai dengan gambar diatas adalah 192.168.1.10, angka 10 tersebut dapat anda ganti dengan nomor dari 2sampai dengan 254, kecuali nomor 1 (alamat router), dan juga 245 (alamat access point).
  • Jika sudah, klik OK, dan klik OK sekali lagi pada jendela koneksi.

Comments

Popular Posts