Original VS Refill Cartridge



Persaingan  antara  original dengan Refill, Recycle, dan Compatible Cartridge sudah  bukan menjadi rahasia umum lagi. Ini dibuktikan setiap kita membeli Printer terutama kalau kita membeli didealer resmi pasti kita mendapat pemberitahuan bahwa "garansi tidak akan berlaku jika menggunakan Cartridge selain Original". Jadi kedepannya jika kebetulan Printer kita  rusak  dan menggunakan Cartridge non-original, kemudian datang  ke service center resmi, maka garansi Printer tidak berlaku lagi walaupun  masih dalam  masa garansi dan akan dikenakan biaya yang lumayan  tidak sedikit, padahal kerusakan  yang terjadi mungkin juga karena mekanik pada Printer yang tidak berfungsi atau dikarenakan hal lainnya yang tidak ada sangkut-pautnya yang disebabkan oleh Cartridge, namun ini sudah menjadi aturan dikebanyakan Service Center Resmi..

Kenapa hal ini bisa terjadi???
Karena Produsen Printer mendapatkan keuntungan terbesar bukan dari penjualan printer, namun dari Penjualan Cartridge original. Kadang kita juga beranggapan kalau kita membeli Printer pasti mendapatkan Cartridge gratis (terutama untuk Printer Inkjet), tetapi menurut pandangan saya yang sebenarnya berlaku kta membeli Cartridge berhadiah Printer. Oleh karena itu Produsen Printer pasti akan menanamkan mindset "Anti Refill" kepada calon Customer dan bahkan sebagian produsen Printer sudah mulai menambahkan smart chip pada Cartridge agar Printer tidak akan bisa mendeteksi Cartridge jika smart chip tersebut pernah digunakan dan sudah pernah terdeteksi habis pada memori chipnya.

Tetapi untuk saya pribadi yang memprioritaskan penghematan biaya kalau harus selalu menggunakan Cartridge original terus,,MANA TAHAN??? Maka dari itu saya selalu berusaha mencari dan mencoba tips dan trik agar Printer bisa beroperasi normal walaupun tidak menggunakan Cartridge Original.

Untuk download ebook gratis "Original VS Refill Cartridge".


                                                            

Comments

Popular Posts